Dec 10, 2008

tugas,malam, dan deadline

seumur-umur jadi anak ITB, belum pernah sekalipun saya begadang sampai pagi buat ngerjain tugas atau belajar. paling TOP saya bisa tahan sampai jam 3. dan itu pun amat-sangat-jarang sekali.. rasanya bedaaaa... banget sama mita. kalau denger pengorbanannya ngerjain tugas, gartek especially, kok berasa langit dan bumi ya?!

setelah saya tilik-tilik bareng mita (ciee), ternyata kita memang berada di 2 jurusan yang karakteristik penyiksaannya beda. kalau di jurusan Mita (baca : T.Lingkungan), metoda utama adalah dengan memberikan tugas sebanyak mungkin. sedangkan di jurusan saya, yang dipakai adalah tugas sesusah mungkin. biarpun beda, ujung-ujungnya sih sama.. bikin gangguan psikologis akut bagi mahasiswanya.

saya pernah ketawa ngakak ngeliat print-nan excel si mita yang sampai segede sejadah.. anjoy beeng! pastinya bikin tangan keriting buat nginputin datanya. and guess what, akibat keseringan nulis laporan sampai berlembar-lembar, jari si mita sampai kapalan.. ini baru sadis! belum lagi kalau dengerin kisah-kisah heroic pas nyari-nyari kostan asisten buat ngumpulin tugas. mending kalo siang.. duh,berat sekali hidupmu nak! ;P

bagaimana dengan jurusan saya ? semester kemarin, yang sejauh ini jadi semester terheboh, tetep gak ada apa-apanya dibanding si Mita. yang kerasa sih, sering banget dapet tugas. tugasnya sih kayak PR anak SD. cuma 3 atau 5 nomer.. tapi ya itu.. hampis selalu gak bisa dikerjain *khususnya oleh saya. ujung-ujungnya saya pasti nyontek.. dan lebih sering lagi, udah nyontek pun tetep gak ngerti apa yang dicontek. jadi udah kayak mesin fotokopi aja.. scan-priiiint...bahkan posisi layout tulisannya pun sama. dan benar saja, semester kemarin nilai saya hancur lebur karena gak lulus di 2 mata kuliah. sighhhht..

semester ini rasanya hampir sama kayak semester lalu. terutama karena ada kuliah pengolahan limbah dari Tekim yang dosennya amat-sangat-hobi memberikan tugas bikin slide. minggu ini slide ini.. minggu depan slide itu.. dan BT-nya, ujiannya susah lagi. saya ikut ujian perbaikan dan nilai saya dari 58,5 cuma naik ke 59,8! najoooooong... *padahal saya anak Ugreen lho.. jadi malu :(

tapi rasanya saya lebih milih punya tugas susah daripada punya tugas banyak kayak mita. seenggaknya, kalau tugas susah, bisa ditinggal tidur. ada MASTER yang bisa diharapkan besok pagi. tinggal dateng lebih cepat, dan dalam 15-25 menit kemudian kertas saya bisa penuh jawaban. canggih bukan?! tapi teman, tolong digaris bawahi kalau saya terpaksa melakukan penyontekan itu semua. udah dicoba kok nyari jawabannya.. tapi selalu terpentok dengan perasaan "bener gak sih kayak gini?!". tapi sih seringan, saya gak tau yang ditanyainnya apa.. jangankan menghitung hasil akhirnya.. membuat skema soalnya saja aku suliiit...

dengan senang hati saya acungkan jempol-jempol tangan dan kaki buat para MASTER seperti zora, fajri, mbak din, juga daniel yang selalu punya pencerahan. jangan letih dulu teman! hehehehe..

satu-satunya tugas anak FT yang mirip dengan anak TL mungkin tugas laporan praktikum. yup! laporan praktikum lah yang bikin saya terpaksa begadang... dan super bad habit saya adalah selalu mengerjakannya mepet deadline. ini masalah psikologis kayaknya. saya cinta aliran adrenalin! rasanya saya berubah jadi Liza-Super-Pinter-Dan-Jago Ngarang kalau di sejam atau 2 jam sebelum dikumpul. Tiba-tiba banyak hal yang bisa dianalisis kalau udah mepet-mepet. saya suka berada dalam lingkungan berpressure tinggi karena saya bisa lihat semua orang tanpa topengnya. bukan cuma sekali saya melihat TABIAT ASLI seseorang waktu situasi mepet. dan pastinya, mereka pun bisa liat siapa saya sebenarnya. suka tau tidak, up to you..

btw, harusnya saya sekarang lagi nyari bahan buat tugas slide PBI T.E.R.A.K.H.I.R (thanks GOD)... tapi saya malah nulis blog ini. udah gitu isinya ngalor ngidul kemana-mana.. hya.. ini gara-gara lagu mellow yang dari tadi distel di radio nih.. kebawa mellow shallow deh.. hmm.. untungnya dari tadi belum ada the massive atau seventeen. jadi biar mellow, tetep gak nye-nye-nye.. sampai hari ini, saya masih gak habis pikir, kok bisa ada cowok nyanyi :

"mengapa harus aku yang mengalaaaaaaaaaaaaah.........."

astaga.. tempe banget sih! dan lebih aneh, buanyak banget yang request di radio. atau emang lagi nge-trend ya cowok nye-nye-nye ?! hidiiiih..

ya sudah lah, mari kita kembali ke BOD, baku mutu air, karakteristik limbah tekstil, PP no 82, argghhhh........................
see you around..

Dec 7, 2008

Have A Delighted Birthday, My Bro! *makan-makan-makan..

Tgl 24 november kemarin adik gw ultah. Gak terasa ternyata si ndut udah 19 tahun… wish you all the best ya dek.. dan untuk merayakannya, kita sekeluarga makan-makan.. yuhuuuu… Makan-makan pertama yaitu di rumah makan Makassar deket Pasar Ular. Katanya biar bisa sekalian belanja (agak rancu juga ini intinya mau makan atau belanja). Dan gw dapet jackpot hari itu karena mesen sop konro. Harusnya tuh sop konro ganti nama jadi : sop iga ultra besar…. ini baru namanya iga! Adek gw yang mesen coto Makassar langsung lirik-lirik pengen.. “sorry dek.. gak boleh tukeran! :P” Sebenernya pengen nyoba es palu butung plus pisang ijonya juga.. tapi rasanya perut kita udah overload semua. Hwaa.. kapan-kapan deh. Btw, ternyata ada sambal khas Makassar juga. Kata nyokap gw namanya sambel nanas. Sambelnya orens-orens gitu dan emang ada potongan nanasnya… rasanya unik. Tapi gw lebih prefer sambel normal. Lebih nonjok bung!

Makan-makan kedua tadi siang. Nyokap gw masak nasi kuning.. yummy-yummny.. sayangnya gak ada kering tempe kesukaan gw. Sebelum makan, kita berdoa bareng. Abis berdoa, langsung sikaaaat..


Hmm... Mingling with my family is a bless. menyenangkan rasanya bisa kembali ke rumah ini.. nonton tv.. ngebantuin nyokap..ngobrol di teras depan sore-sore.. nontonin bokap main game.. sayangnya selasa harus udah pulang ke bandung lagi. Sight..


Buat adikku yang ternyata udah tuaaaa.. hehehe.. semoga kuliahnya lancar. Semoga tambah dewasa dan mandiri. Jangan pelit-pelit sama gw.. (hohoho). Jangan bolong-bolong terus sholatnya.. I feel so proud of you (always have always will).

Dec 2, 2008

loveable

Setelah ria yang tiba-tiba meng-sms setelah baca postingan kemarin yang judulnya "gendut ?!" , eh tiba-tiba ipim kemarin nanyain juga… hmm.. tampaknya postingan yang kemarin berefek lebih besar dari yang gw sangka..

pantesan aja fajar bilang kalau gw mencemarkan nama baik dia. hmm.. salah sendiri kemarin NAKAL! weeeeee... tapi mengingat masalahnya udah beres dan fajar sudah memenuhi satu syarat yang gw ajukan (syaratnya r.a.h.a.s.i.a), dengan senang hati postingan itu gw jadikan draft aja dan gak bisa diview lagi.

Cuma tambahan aja, masalah yang kemarin itu udah beres. Gw sama fajar udah happy-happy-joy-joy lagi…. kita emang sering berantem kok.. tapi gak lama. ya biasalah.. biar ada bumbunya (cailah!).kalau kata ria : dasar jamil-persik kedua.. hahaha.. iya ri, emang belakangan ini gw ma fajar pacarannya dangdut banget.

mmm… kadang gw ngerasa, kok lebih sering cerita pas berantem sama fajar ya??! yang ngeselin-ngeselin emang enaknya dibagiin.. tapi yang baik-baiknya biasanya bakal gw simpen sendiri (curang ya?!). ini mencegah biar fajar gak laku lagi di kalangan temen-temen gw kalau kita putus… hahahaha. Boong deng… alasannya sederhana kok, gw gak mau cerita-cerita semua kebaikan fajar ke gw coz sifatnya privat banget. Percuma diceritain.. kan cuma gw yang bisa nangkep maknanya. Kan sering, apa yang buat orang biasa aja jadi luar biasa di gw.

Kemarin ucy bilang, Cinta itu buta.. bukan buta.. tapi cuma gak kenal logika kok (kayak lagunya agnes). kalau dipikir pakai logika, ngapain juga nerusin hubungan yang sering banget berantem kayak gini. tapi gimana ya…. rasanya justru lewat berantem jadi tambah kenal pribadi masing-masing (cari pembenaran…)

Mm… entah kenapa, biarpun ada seribu alasan yang bikin gw marah ke fajar, selalu ada sejuta alasan untuk maafin si orang odong-odong ini. Kalau kata Lagu Loveable-nya Abdul & The Coffe Theory :

Tak pernah ku merasa bosan dengan kamu..
Jangan engkau lupa, apapun tentang kamu..
Loveable buat aku..
Loveable buat aku…

Quite simply, isn’t it ???!

review im2 broom unlimited

yaaiiiiy.. akhirnya semalem saya beli *patungan sebenernya starterpacknya im2 broom. harganya 150rb perak udah plus aktivasi sebulan. gw pilih yang unlimited karena terbuai dengan statement "unlimited"nya. lagian gw bukan tipe peng-upload atau pen-download mania (baca: rapidshare hunter). gw cuma butuh buat buka-buka blog, facebook, atau cari bahan buat bikin laporan praktikum.

kenapa pilih broom ?
  • karena gak pakai ribet. awalnya, gw juga pernah tanya-tanya tentang matrix 3.5 G yang nawarin paket unlimited juga 100ribu perak. tapi mesti pakai syarat fotokopi KK, surat keterangan ortu, etc. halah! ribet banget..
  • karena pas ke BEC yang gw liat banyakan standing-banner si broom dari pada flash atau lainnya. gw percaya bahwa kebonafid-tan suatu produk terlihat dari anggaran promosinya.. hehehe
gimana performanya ?
  • gw gak punya software buat ngetest speed maksimum si broom ini. tapi pas gw pakai dengan modem handset (SE k770i) dan di jaringan GPRS (asrama gw gak ke cover jaringan 3 G) indikator kecepatan di laptop sih 115,2 Kbps. janjinya sih up to 256 Kbps (untuk 2 giga pertama).. berarti cuma separuhnya aja. dengan kecepatan segini, gw udah ngerasa lemot... abisnya beda banget sama kecepatan di kampus atau di warnet :( .pas semalem gw coba, jaringannya sering putus-putus. tapi pas pagi ini, udah lumayan tanpa gangguan. dan entah kenapa, buat buka home blogger aja kok halamannya sering kosong (indikatornya done tapi yang muncul blank page). cukup bikin emosi jiwa juga..
  • sangat tidak dianjurkan buat yang punya tingkat kesabaran rendah. sekali lagi, uang menunjukkan kuasanya. emang jauh lebih ok punya jaringan internet LAN (yang gak mungkin ada yang 100rb unlimited per bulan). kalau yang masih ke cover jaringan 3G sih mungkin agak mendingan. tapi kalau cuma berharap ke jaringan GPRS, mending pikir-pikir lagi deh...
overall, gw kasih 2,5 bintang lah.
dari segi biaya lumayan terjangkau (secara gw patungan ma fajar), dan emang nolong banget buat gw yang asramanya jauh dari warnet. karena gw juga orangnya rela bersabar, jadi biarpun rada lemot gw masih bisa tahan. tapi sebenernya, masih jauh dari ekspektasi kecepatan minimal yang ada di benak gw. so.. 2,5 bintang aja lah. artinya : beli kalau emang butuh (dan udah punya modem).