Apr 13, 2010

for my future daughter

nak, hari ini tanggal 13 April 2010. 2 jam 10 menit lagi, saya ulang tahun ke 22. kamu tau, mama saya which is nenek kamu itu dulu menikah saat umurnya 22 tahun 5 hari. sedangkan ayah saya waktu itu umurnya sudah 30 tahun. Jadi kakek kamu itu sukanya sama daun muda.. hihihihi..

saya sendiri tidak bisa membayangkan, apa jadinya nikah di umur 22 ? dulu, nenek memang cuma sekolah sampai SMEA. Jadi dia tidak sedang dalam kondisi yang sama seperti saya sekarang, terjepit dan tertekan sama yang namanya tugas akhir. tapi, yang namanya menikah tentu bukan keputusan yang mudah bukan ? nenekmu di umur 22 sepertinya jauh lebih matang dari saya sekarang.

saya jadi penasaran, seperti apa nenekmu dulu waktu umurnya sebaya saya ini ? apa dia suka jalan-jalan seperti saya ? apa dia pernah patah hati ? apa dia ingin keliling dunia? sebenarnya apa cita-citanya ? inginkah dia masuk kuliah ? bagaimana tipe laki-laki impiannya ? dan masih banyak "apa" yang lain.

mungkin kamu bilang "loh, tanya dong ke nenek bu.." haha.. tidak semudah itu. rasanya segan tanya-tanya hal itu ke mama. mungkin mimpi-mimpi itu sudah pudar sekarang atau berganti dengan yang baru.

nak, kalau saat kamu membaca ini umurmu 22 tahun, ketahuilah kalau saya sangat berharap kamu saat ini sedang menyusun ittenary rencana backpacking kamu. sebentar lagi kamu lulus kuliah kan ? memalukan sekali kalau kamu belum ambil kuliah TA. Saya saja yang kuliahnya cakadutan dan IPK pas-pasan sudah ambil kuliah TA. oh ya, kamu pasti ITB kan ?! Saya harap kamu masuk Teknik Fisika juga. seru lho di Teknik Fisika! Saya ingin kamu masuk ITB karena saya benar-benar merasa tertempa disana. Saya ingin kamu merasakan hal yang sama. aktif di unit atau himpunan ya nak.. jangan SO! Saya lebih malu punya anak yang gak pernah ikut apa-apa dibandingkan punya anak yang IPKnya pas-pasan. mm...saran saya jangan masuk arsitektur ya... saya aja kayaknya bisa gila masuk sana. tapi kalau kamu kuat ya silakan aja..

kalau kamu saat ini sedang merasa kuliah di jurusan yang salah, well.. saya juga. tapi satu-satunya cara menyelesaikan masalah ini adalah lulus dengan cepat. suka tidak suka, telan saja dulu. cepat keluar, biar bisa punya hidup baru seperti yang kamu inginkan.

eh, balik lagi ke backpacking.. karena harusnya kamu sudah mau lulus, jadi silakan merayakan kelulusanmu dengan backpacking. seperti saya sekarang. Instead of ngerjain TA, saya malah lebih semangat browsing pulau lombok dan sekitarnya. Semoga saja kamu lebih canggih dari saya, backpackingnya ke luar negeri.. keliling asia.. atau bahkan keliling eropa! oh tapi jangan harap saya mau mengucurkan uang untuk biaya jalan-jalan kamu ya.. It's a big no no. kamu harus biaya sendiri. carilah kerjaan sampingan. Untuk ke lombok, saya punya 4 kerjaan sampingan saat ini. asisten kuliah, asisten praktikum, privat bahasa inggris, dan asisten praktikum D3. Capek ? bangeeet... tapi saya tau ini akan worth it. yang penting niat dulu, pasti jalannya ada.

nak, kita sama-sama perempuan. saat ini, saya gak tau nantinya kamu akan menjadi wanita tipe seperti apa. girlie kah ? atau slonong-boy seperti saya ?! mau girlie atau slonong-boy, saya harap kamu mandiri. jangan jadi nye-nye-nye-nye... suka bergantung dan merepotkan orang lain. banyak-banyak baca buku, biar kalau ngomong kelihatan gak kosong. tenang, kalau buat beli buku, semahal apapun saya akan belikan.

oh ya, penyesalan terbesar saya adalah saya gak pernah belajar renang. saya pengeeeeen... pengeeeen... pengeeen.. banget bisa renang. supaya bisa snorkling di laut bebas. ah.. laut negara kita itu indaaaaaaaaaaaah sekali nak. jadi kalau kamu sempat kesal karena saya memaksa kamu ikut les renang, semoga kekesalan itu terbayar lunas saat kamu snorkling di lombok atau bunaken.

saya benar-benar berharap hobi jalan-jalan saya menurun ke kamu. diluar sana nak, ada kehidupan lain yang sedang berdenyut. dengan segala macam pelajaran menarik yang bisa kamu petik. jangan cuma jalan-jalan ke mall atau ke pub, hah.. gak ada sehat-sehatnya. baik sehat finansial maupun sehat mental.

hwa... saya capek nulisnya nak. kalau mau tanya-tanya, langsung aja ya.. semoga saya masih ada umur saat itu. dan si blogger ini masih dengan senang hati menyimpan arsip saya.

love you so much.
^_^
-ibu-

2 comments:

  1. Lijaaaaaaa, happy birthday dulu ya.
    Maaf gw lupa. hehehe
    Unik bgt deh ja postingan lo ini.
    Dan mengingatkan gw kalo ga lama lagi umur gw juga bakal 22th. Hiks.
    Umur yang cukup matang menurut gw.

    ReplyDelete
  2. liza,

    up to now, it's never ever crossed my mine to have a daughter n u r writing a letter for your upcoming daughter already. haha.

    anyway, semoga kita masih berteman baik sampe lo udh punya anak yg usianya 22 thn :)

    ReplyDelete