Jul 25, 2010

ya namanya juga TA, kalau gak susah mah namanya laporan praktikum

tenang... this is not another rant about my last assignment. masa-masa saya menghujat SPSS dan Comsol sudah lewat. sekarang saya tinggal ngedraft. Browsing paper, copy paste, translate and edit. dunia aman terkendali jendral !

masa tersulit waktu TA pastinya pas ngambil data dan ngolahnya. saya sendiri ngulang ngambil data mapping sampai 3 kali dan ngulang kuesioner 2 kali. Emang tuh ya, baru ketauan kalau ngambil datanya salah pas mau diolah. Dulu pas pertama-tama konsultasi sama dosen pembimbing, saya pernah nanya : "pak ini ngambil data sama ngolahnya gimana ya ?" dan dengan entengnya bapaknya jawab : "oh yang kayak gitu mah sambil jalan nanti ketauan caranya". saya yang polos dan lugu, cuma bisa mengangguk-angguk dan alhasil ya itu tadi ngulang mapping 3 kali dan kepala berasap belajar software yang seumur hidup belum pernah denger namanya dan sering bikin laptop ngehang kalau di-run. sangat tidak laptop-jadul friendly sekali...

yang capek itu belajarnya...
yang capek itu trial dan errornya..
browsing berbagai macam pdf dan merasa tenggelam diantara berbagai parameter statistik...
baca help Comsol, cari tutorial, dan stress sendiri kalau modellingnya macet..
sabar-sabar download buku di gigapedia n rapidshare..
mengamalkan titah Tuhan yang pertama : Baca-Baca-Baca..

bukankah disitu esensi bikin TA ?
belajar menyelesaikan masalah sendiri,
dan bertanggung jawab sama hasilnya ?

don't depend on others.
this is your war.



*untuk teman saya yang sedang pusing dengan spss*


Jul 24, 2010

Inception

here come my review...
mungkin saya orang keseratus juta sekian yang mereview film ini dan urutan keduaratus juta yang bilang kalau filmnya bagus. Plotnya bagus, aktingnya bagus, efeknya bagus, dan scoringnya juga cadas (Hans zimmer gitu). Film yang ceritanya ribet tapi bisa dipahami kalau nontonnya pakai konsentrasi tinggi. Dan yang bikin seru, banyak yang bisa dibahas setelah nonton.

kalau disuruh ngasih bintang, mungkin saya ngasih 4 bintang aja. Bukan tipe film yang bikin saya mau nonton 2 kali soalnya saya gak ngerasa ada hubungan emosional sama karakter disana. mungkin karena sepanjang film saya sibuk mikirin jalan ceritanya kali ya?! jadi nontonnya gak santai. Ya paling kalau pun nonton 2 kali pasti gara-gara ditraktir :P

kalau di rumah punya perangkat DVD yang speakernya oke, saran saya mending nonton dirumah aja deh. enak bisa di rewind-rewind kalo gak ngerti. tapi kalo gak punya perangkat audio yang aduhai, mending nonton di bioskop atau pinjem headset teman anda. Satu hal yang bikin saya gak nyesel nonton dibioskop adalah scoringnya yang mantap. kalau nontonnya pakai laptop doang mah mana kerasa efek suaranya.

bagaimanapun, mari kita beri standing applause buat Christopher Nolan. Gak sabar nunggu film selanjutnya :)

Jul 20, 2010

nothing

sore dengan gerimis yang menari. menusuk mata.
tapi toh rasanya saya masih bisa menikmatinya. ah simpan dulu lah serapahnya.
Barusan berbincang dengan teman, membicarakan orang tentu saja. Karena dari jutaan ciptaan Tuhan, topik terseru ya berputar saja di kelakuan cucu adam.
tertawa lagi, mencibir lagi.
dasar!