Jul 25, 2010

ya namanya juga TA, kalau gak susah mah namanya laporan praktikum

tenang... this is not another rant about my last assignment. masa-masa saya menghujat SPSS dan Comsol sudah lewat. sekarang saya tinggal ngedraft. Browsing paper, copy paste, translate and edit. dunia aman terkendali jendral !

masa tersulit waktu TA pastinya pas ngambil data dan ngolahnya. saya sendiri ngulang ngambil data mapping sampai 3 kali dan ngulang kuesioner 2 kali. Emang tuh ya, baru ketauan kalau ngambil datanya salah pas mau diolah. Dulu pas pertama-tama konsultasi sama dosen pembimbing, saya pernah nanya : "pak ini ngambil data sama ngolahnya gimana ya ?" dan dengan entengnya bapaknya jawab : "oh yang kayak gitu mah sambil jalan nanti ketauan caranya". saya yang polos dan lugu, cuma bisa mengangguk-angguk dan alhasil ya itu tadi ngulang mapping 3 kali dan kepala berasap belajar software yang seumur hidup belum pernah denger namanya dan sering bikin laptop ngehang kalau di-run. sangat tidak laptop-jadul friendly sekali...

yang capek itu belajarnya...
yang capek itu trial dan errornya..
browsing berbagai macam pdf dan merasa tenggelam diantara berbagai parameter statistik...
baca help Comsol, cari tutorial, dan stress sendiri kalau modellingnya macet..
sabar-sabar download buku di gigapedia n rapidshare..
mengamalkan titah Tuhan yang pertama : Baca-Baca-Baca..

bukankah disitu esensi bikin TA ?
belajar menyelesaikan masalah sendiri,
dan bertanggung jawab sama hasilnya ?

don't depend on others.
this is your war.



*untuk teman saya yang sedang pusing dengan spss*


2 comments:

  1. download buku2 comsol dimana ya ?? ini jg lagi ngoprek2 comsol buat modeling air flow ^^,

    ReplyDelete
  2. Gigapedia mas.. sama rapidshare juga.. sama baca helpnya juga membantu kok. selamat berjuaaaang :D

    ReplyDelete