Mar 16, 2012

Refund dan Credit Shell Air Asia

Kebayang gak sih, udah bersusah-susah online rebutan tiket promo, nunggu hampir setahun lamanya, dan tiba-tiba *TARA* rute pesawat yang kita beli di suspend alias gak terbang lagi kesana ?!
Keseeeeel... luar biasa....
Nah ini yang kejadian sama gw kemarin. Gw beli tiket Air Asia X jurusan Kuala Lumpur - New Delhi PP sekitar Juli 2010 karena diskon. Totalnya cuma 1,8 Juta. Harga normalnya sekitar 3 jutaan kalau gak salah. Nah, tiket untuk Jakarta -Kuala Lumpurnya baru gw beli  sekitaran Januari.Semingguan setelah gw beli tiket ke kuala lumpur itu, datanglah si email ajaib yang ngabarin kalau rute KL-Delhi resmi ditutup tanpa batas waktu yang ditentukan. wakwaaaw.. *jedot-jedot pala ke dinding
Dear Guest, Please be informed that effective from 23rd March 2012, AirAsia X will be suspending our flights to/from Delhi.We will be sending individual notifications to all guests affected by this move, in stages, based on your respective flight dates, via email and SMS.The email notices will also outline the various service recovery options offered which are:
i.  cancel your reservation and opt for Full Refund/Credit Shell; or
ii.  re-route to any other AirAsia X destination, without any additional cost; or
iii. transfer to an alternative airline subject to availability, without any additional cost. 
In order to avoid undue congestion and delays in replying to your queries, we request that you contact us in relation to any queries you may have, only after you have received your individual notice.For further explanation on the reasons for our flight suspensions, please refer to our Press Release at http://www.airasia.com/my/en/corporate/pressrelease.page 
SincerelyAirAsia X
Gw sendiri ambil opsi 1 lebih karena kayaknya opsi itu paling gak ribet. Sempat kepikiran mau opsi 2, reroute ke Jepang atau ke Korea tapi trus bingung bikin visanya. Gw kan gak di Jakarta, dan belum boleh izin gak masuk selama masa trainee gw kelar. Mau ambil opsi 3 gw gak pede duluan soalnya tiket gw tiket promo. Masa sih mereka mau ngebela-belain nyari penerbangan pengganti buat pemegang tiket promo.

Untuk ngurus refund, nanti dikasih alamat emailnya tersendiri. Di email pertama, gw udah bilang kalau gw minta full refund buat 2 penerbangan : JKT- KL dan KL-DELHI. Nunggu seminggu, baru email gw dibales dan ternyata yang di refund cuma KL-DELHI. Apa bahasa enggres gw kali ya yang sulit dimengerti jadi tiket yang JKT-KL gak disinggung-singgung nasibnya.

Akhirnya gw nelpon ke call center yang di jakarta. Nomer telponnya ada di websitenya. Intinya mah gw curhat, ini tiket gw yang JKT-KL nasibnya piyee ? Kok gak di refund ?? Mbak-mbaknya awalnya bilang kalau yang di refund cuma yang KL-DELHI doang. Yang sisanya gak bisa. What the #@$^& ?! Tapi gak berapa lama dia bilang kalau bisa di credit shell. Credit shell itu semacam deposit uang yang bisa dipake buat beli tiket air asia lagi. Tapi credit shellnya harus diajukan dulu ke manajemen. Ya baiklah.. terpaksa gw nunggu.

Hampir 3 minggu kemudian, akhirnya refund dari Air Asia masuk ke rekening kartu kredit gw. Nah gara-gara ada refund itu, gw jadi inget nasib credit shell yang belum ada kabar beritanya. Gw pernah beberapa kali email ke air asia tapi gak ada respon. Akhirnya gw nelpon lagi dan ngomong sama CSnya. CSnya bilang (setelah nunggu 15 menit dianggurin dengerin jingle air asia sambil deg-degan takut pulsa abis), credit shell gw udah di approve. Tinggal tunggu emailnya aja. Beneran lho, 2 hari abis gw nelpon datenglah tuh email untuk credit shell. haaaaaa....... akhirnyaaaaa sodara-sodara.....

Tapi tuh credit shell belum gw pake juga. Batasnya 3 bulan sih. Nanti deh.. nunggu promo... :)) *teteeeuuuppp....

Overall, yaaa biarpun kecewa flightnya ditutup, gw tetep bakal pakai Air Asia kok.

1 comment: