Jan 19, 2013

Singapore - Day 1

Kira-kira dua bulan yang lalu, Fajar tiba-tiba minta temenin jalan ke Singapura. Tumbeeeeen banget ngajak jalan-jalan duluan. Biasanya dia mah paling males pergi-pergi. Setelah nyocokin jadwal cuti dia sama jadwal saya, akhirnya diputuskan kita pergi tanggal 5 - 8 Januari. Lumayan ada waktu 2 bulan buat nabung (baca : 2 bulan buat sengsara). 

Jalan sama dia sebenernya agak ribet. Soalnya anaknya males hidup susah. Sedangkan saya tipe yang royal buat makanan tapi pelit buat penginapan dan transportasi. Urusan itinerary saya yang nentuin semua. Dia mah nurut-nurut aja mau kemana, kata dia "yang penting paspor aku ada stempelnya". Tapi saya udah wanti-wanti kalau kita nanti banyak jalan. Milih penginapan juga saya kasih liat ke dia opsi-opsinya apa aja yang keliatan nyaman tapi gak bikin bangkrut. Ya intinya banyak-banyak komunikasi dan toleransi.

Flight kita jam 7 pagi. Jam 6 udah duduk manis di bandara. Agak teler-teler juga karena saya baru sampai dari Kuningan. Perjalanan Bandung - Singapura ditempuh selama 1 jam 45 menit. Lumayan, bisa tiduuur...
Tas yang semerk tapi beda nasib. Punya dia gratisan dari kantor. huuu...
Pilihan pertama begitu mendarat adalah makan. Yang paling deket di pintu keluar Terminal 1 adalah Burger King. Tinggal belok kiri dikiiiittt.. 
1 paket berdua, bukan romantis tapi ngirit. Hampir 10 SGD cyiiinn... 
Untuk menuju hostel, opsi paling murah ya naik MRT. Jalur MRT adanya di Terminal 3. Untuk pindah terminal ada kayak keretanya gitu. Dari pintu keluar Terminal 1 kita belok kanan. Gak usah takut nyasar. Buku panduan bandara tinggal diambil deket pintu keluar dan tanda petunjuk pun dimana-mana. Sepanjang jalan kita foto-foto norak. Ya biarin lah.. gak ada yang kenal ini.. fufufu..


Kami menginap di matchbox hostel yang dipesan via hostelworld. Tarif permalamnya 30 SGD per orang, tapi dapet diskon 10%. Lumayan lah.. Salah satu yang jadi pertimbangan milih nginep disini adalah karena tempat tidurnya semi kapsul gitu. Jadi biarpun sekamar ber-16, tapi masih adalah sedikit privasinya. Btw, kalau di web dibilang jaraknya 10-15 menit. Well, buat standar saya segitu itu lumayan jauh. Tapi tempatnya tenang dan deket hostel ada Maxwell Food Centre. Jadi mau cari makan gampang. Pas saya pesen, kebetulan ladies roomnya full. Jadi ambil yang campur. Sekamar sama cowok-cowok bule cukup bikin rikuh. Soalnya kalau malem dan pagi suka berkeliaran pakai kolor doang. Aduuuhh... *soalnya bulenya gak oke, jadi menderita :p


Loker di Kamar - Deretan Kasur - Kasur Special Edition (and price)
Our nest for the next 3 days
Nah ini fasilitas paling guna setelah kamar mandi : kursi pijeeeet..... 
Saya datang jam 11 dan untungnya langsung bisa masuk kamar. Setelah nyimpan tas dan tidur sebentar (maklum, renta...), jam 1an akhirnya beranjak dari hotel. Tujuan utama ke Maxwell Food Centre buat makan siang. Kalau di Indonesia mah kayak pujasera gitu lah. Yang jualan lumayan banyak. Ada 3 deret yang penuh sama pilihan makanan. Dari chinese food, indian food, sampai thai food. Kita nemu yang ada tulisan halalnya yang indian food. Akhirnya pesen kwetiaw goreng dan nasi briyani. Berdua habis S$ 8. Porsinya banyak banget.. sampai gak habis.


Hari pertama ini rencananya mau ke tempat ikoniknya Singapura. Buat keliling tempat-tempat ini kita milih naik hop on - hop off bus. Tarifnya S$ 18 perorang berlaku untuk 24 jam. Dari tempat kita makan, jalan sedikit ke halte yang diberhentiin bus ini. Ternyata lokasi kita deket sama Buddha Tooth Relic Temple dan kuil India-India gitu. Ke kuil India sempet masuk, tapi ke Buddha Tooth Relic Temple gak. Di dalam kuil India kalau mau foto bayar S$ 3, makanya kita gak foto-foto disana. Sempet juga ketemu toko lomo. Di dalemnya agak penuh orang, akhirnya gak jadi masuk. Takut khilaf juga sih kalau tiba-tiba ada Holga atau Lomo-LC atau Diana Mini atau..arggh..tidaak. 

Buddha Tooth Relic Temple
Mural di depan toko lomo
Kuil India
Itu bus hop on - hop off yang versi mahal 
Untungnya hari itu agak mendung. Jadi pas naik bus dan duduk di atas jadi gak panas-panas banget. Kalau mau yang ber-AC juga bisa di lantai bawah. Btw, di bus diperdengarkan cerita-cerita area yang kita lewatin pakai bahasa Inggris. Lumayan dapet info-info menarik. Misalnya tentang biaya kepemilikan kendaraan pribadi di Singapura termasuk yang termahal di dunia. Pajak impor kendaraan tinggi, trus 10 tahun sekali harus uji emisi yang biayanya juga mahal. Katanya lebih murah beli mobil baru daripada harus perpanjang uji emisi. Gak heran disini mobilnya keliatan baru-baru semua. 

Untuk menuju ke Marlion, kita melewati Singapore Flyer dan lewat orchad road. Ke Marlion tujuannya mau foto wajib sama patung singa. Fitur "smile to shoot" sama tripod sangat berguna biar bisa foto berdua. Niat deh.. niaaat.. 

Untung di sini gak ada FPI
Avanza gak laku disini.. 
Tukang becak juga ada ...
Maklumin aja ya, maklumin... :))
Foto Wajib...
Tempat parkir di underground Esplanade
Tugu perigatan di seberang Esplanade
Setelah ke Marlion, sebenernya mau lanjut ke Garden By The Bay tapi udah kesorean karena kita juga mau ngejar Wonder Full Show di Marina Bay Sands. Promonya sih "biggest light and water show", tapi yang lebih bikin saya tergerak karena gratisan. Nontonnya dari semacam teras di lantai dua. Kita sekalian bisa liat pemandangan tepi sungai Singapura di waktu malam. Baguuuuus.... 

Gondola di dalam MBS
Ada live music juga..
Tengok kanan
Tengok kiri
Enjoy the shoooww....
Tepat jam 8 malam acaranya mulai. Ternyata shownya itu kayak pemutaran film pendek pakai proyektor tapi dipantulin ke uap air gitu. Ada api-apinya juga.. ada laser-lasernya juga.. Wow wow wow.. Gak rugi juga jauh-jauh kesini. Cuma karena saya duduknya di depan, jadi gak bisa foto-foto karena banyak cipratan airnya.

Abis nonton langsung ke food court MBS. Lokasinya deket tempat main ice skating. Sempet liat ada Ferrary Store tapi gak masuk karena udah kelaperan dan pengen ke food court aja. Disana pesen Pepper Lunch Express yang chicken teriyaki 1 porsi (lagi-lagi berdua, harganya $10an) dan orange juice plus lime juice ( S$ 5). Fajar itu makannya dikit, jadi seporsi berdua sih kita kenyang-kenyang aja. Dan emang porsinya lebih banyak sih daripada di PVJ. Ayamnya juga juicy-juicy banget... sluuurrrp.. *lupakan lah diet. lupakan..

Dari MBS langsung pulang ke hostel. Mandi air panas trus ke kursi pijet... Sungguh nikmat dunia banget lah. Sebelum tidur juga gak lupa pakai counterpain dulu biar besok pegel-pegelnya ilang. Semoga sih bau counterpainnya gak bikin bule-bule (yang tumben banget pada udah anteng dikamar) pada mabok. What a daaayy... Capek tapi seneng. Mari tiduuur.. masih ada 3 hari lagi :D




2 comments:

  1. sorry kepencet tadi. Tempat tidurnya setengah kapsul bentuknya....? Gak bisa bayangin. Gimana privasi dan keamanannya, tidur dalam satu ruangan sekamar sama bule2. Bgmn pakai kamar mandinya, apa gak rebutan. Trims infonya. (FB : tries ningrum)

    ReplyDelete
  2. hi, aku mau jalan ke singapore juga 3 minggu lagi, sayangnya sendiri :( bole tanya2 ga ? if u dont mind bole ya mention ke twitter aku @theaiuu thanks :)

    - ayu

    ReplyDelete