Oct 25, 2013

Ayo Hidup Sehat

Sebagai anak didik Bobo, dari kecil saya sudah paham sepaham pahamnya kalau namanya olahraga itu wajib dan diperlukan tubuh. Tapi pengetahuan gak seiring dengan kemauan. Malesnya ya oloooh.... gak ada lawannya.

Dulu pas awal kuliah, saya sempet ngalamin dipuja-puji gara-gara kurusan. Ya gimana gak mau kurusan, kan di kampus jalan kaki mulu. Apalagi ditambah tekanan batin jadi perantau for the first time. Jadi deh singset. Menjelang wisuda, berat badan semakin naik. Karena ke kampus juga udah jarang dan kerjanya cuma depan laptop ngutak-ngatik skripsi dan ngemil segala macem. Pas masuk kerja dan pelatihan di daerah Kota, wuhuu.. rasanya kayak sapi lagi digemukin. Jam 9 dan jam 3 coffee break, jam 12 makan siang, dan semuanya sistem prasmanan. 1 bulan pertama masih pulang balik ke rumah saya di Pinang Ranti, which is harus jadi lemper di Busway dan sebagian besar kalori pasti kebakar. Bangun jam 5 pagi, jam 9 malam baru sampai rumah. Keras bener dah hidup di Jakarta.

Sekarang saya di Kuningan Jawa Barat. Harus ditulis Jawa Baratnya biar gak ketuker sama Kuningan Jakarta. Kantor sama kamar cuma 10 menit kalau jalan kaki. Naik angkot cukup 5 menit. Baru mandi jam 07.30, jam 07.58 udah absen. Pulang kantor jam 5, jam 5.10 udah gegulingan di kasur. Bahagiaaaa....

Saking bahagianya, timbangan badan jadi meroket. Sejak lulus kuliah sampai sekarang udah naik 7 kiloan. Baju-baju pas awal kerja udah gak muat, mrecet-mrecet gak karuan. Celananya juga tiba-tiba kancingnya pada copot.. Arggghh....

Tapi ya biasanya gitu aja. Gelisah sama berat badan, pengen olah raga, pengen atur makan, bertahan seminggu trus lupa lagi. Sampai akhirnya bulan lalu saya harus operasi sinus. Saat kontrol terakhir, dokter saya bilang saya harus mulai olahraga biar alerginya berkurang. Kalau gak pasti nanti sinusnya kambuh lagi dan harus operasi lagi. Kalau sakitnya operasinya sih saya bisa tahan, tapi bayar operasinya itu yang gak sangguuup cyiiinn.. Untung aja kemarin itu dicover asuransi kantor sih. Tapi kan belum tentu nanti saya masih kerja di kantor sini. Gak ada pilihan lain, harus mulai olahraga. titik.

Biasanya definisi olahraga saya itu jalan ke car free day minggu pagi sambil jajan donat, jajan cilok, jajan cakwe, sama makan di warung nasi enak banget deket stadion. Itu pepes ikannya sama kering kentangnya juaaaraaa duniaaa.... Boro-boro keringetan, yang ada gak bisa jalan saking kekenyangan. Tapi seminggu ini, saya udah lari pagi 2 kali. Sekali lari 15 menitan. Prestasi iniii.. prestasiii...

Ternyata keringetan itu enak juga ya. Apalagi abis capek olahraga, pulang makan nasi uduk, trus mandi. rasanya frreeesssh... Saya juga jadi banci upload foto catatan lari di Path. Mwahahahaha... maafkan ya kalau ada yang terganggu. Harap maklum aja lah. Siapa tau juga jadi pada ketularan mau pada lari.

Rasanya belum terlambat buat punya gaya hidup yang baik. Olahraga, makan sayur, makan buah, mengurangi daging berlemak, gak makan processed food, dll. Toh hasilnya juga buat diri sendiri ya kaaan ?! Yuk ah, berinvestasi sama kesehatan.

Jadi, udah tau weekend ini mau olahraga apa ?

No comments:

Post a Comment